Kabinda Kalbar Terima Gelar Kekerabatan Kerajaan Amantubillah

  • Whatsapp
Kabinda Kalbar Terima Gelar Kekerabatan Kerajaan Amantubillah
Kabinda Kalbar Terima Gelar Kekerabatan Kerajaan Amantubillah

MEMPAWAH, KALBAR SATU – Keraton Amantubillah Mempawah menganugerahkan gelar kekerabatan dalam momentum ritual robo-robo tahun 2021.

Pemberian gelar kekerabatan tersebut dipimpin langsung Raja Mempawah, Pangeran Ratu Mulawangsa Dr Ir Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim, M.Sc, Selasa (5/10/2021) malam di Keraton Amantubillah Mempawah, Jalan Adijaya, Kelurahan Pulau Pedalaman, Kecamatan Mempawah Timur.

Bacaan Lainnya

Para penerima gelar kekerabatan Kerajaan Mempawah terdiri dari pejabat pusat, pejabat daerah, politisi, Anggota DPRD, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan elemen masyarakat lainnya.

Salah satunya, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kalimantan Barat, Brigjen Pol Rudi Tranggono.

Raja Mempawah, Pangeran Ratu Mulawangsa Dr Ir Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim, M.Sc memberikan gelar Yang Mulia Bakti Amantubillah Pangeran Nata Yudha kepada Brigjen Pol Rudi Tranggono.

Baca Juga: Polemik Makam Daeng Fatimah di Pulau Temajo, Disdikporapar Mempawah Angkat Bicara

Baca Juga: Mengenal Arvin, Peraih Gelar Juara Termuda di Kejuaraan Menembak Perbakin Mempawah Cup

“Terima kasih kepada Raja Mempawah dan seluruh kerabat Kerajaan Amantubillah yang telah memberikan kepercayaan berupa gelar kekerabatan ini kepada saya,” ucap Rudi Tranggono.

Rudi berharap Kerajaan Amantubillah Mempawah senantiasa mempertahankan nilai-nilai luhur adat istiadat yang selama ini memberikan dampak positif terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Adat istiadat harus terus dilestarikan di masyarakat. Sebab, nilai-nilai adat budaya menjadi suatu identitas bagi masyarakat dan daerah itu sendiri,” pendapatnya.

Untuk itu, Rudi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa menajaga kebersamaan, kekompakan dan melestarikan nilai-nilai adat istiadat yang positif.

Salah satunya, ritual budaya robo-robo yang turun temurun diwariskan leluhur Kerajaan Amantubillah Mempawah.

“Terlebih, ritual budaya robo-robo Kerajaan Amantubillah Mempawah telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia. Artinya, adat budaya Kerajaan Mempawah telah diakui oleh negara,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan