Tanggapi Aksi Bom Bunuh Diri di Makasar, PMKRI Sungai Raya Datangi Polres Kubu Raya

  • Whatsapp
Tanggapi Aksi Bom Bunuh Diri di Makasar, PMKRI Sungai Raya Datangi Polres Kubu Raya
Tanggapi Aksi Bom Bunuh Diri di Makasar, PMKRI Sungai Raya Datangi Polres Kubu Raya

KUBU RAYA, KALBAR SATU — Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cabang Sungai Raya (DPC PMKRI Cabang Sungai Raya) mengecam keras dan sangat menyayangkan adanya peristiwa aksi bom bunuh diri yang terjadi di lingkungan Gereja Katedral kota Makassar Sulawesi Selatan pada hari Minggu, 28 Maret 2021.

“Dimana pada hari Minggu tersebut umat Katolik sedang melaksanakan ibadah Misa Minggu Palma pada masa Pekan Suci Paskah. Aksi ini merupakan tindakan teror yang dilakukan oleh oknum yang berusaha mengusik keamanan dan ketentraman umat beragama,” sebut Sekjend PMKRI Cabang Sungai Raya Supardi Aristo, Senin 29 Maret 2021.

Bacaan Lainnya

“Dalam peristiwa ini mengakibatkan adanya korban jiwa yaitu 2 orang meninggal dan 20 orang lainya terluka. Peristiwa ini tentunya menimbulkan dampak psikologi dan ketakutan yang dirasakan oleh umat maupaun masyarakat luas, apalagi sampai mengakibatkan korban jiwa dalam waktu yang begitu cepat,” tambahnya.

Menanggapi peristiwa tersebut, lanjut Supardi, jajaran Pengurus DPC PMKRI Cabang Sungai Raya mendatangi Polres Kabupaten Kubu Raya untuk mengkonfirmasi dan memastikan keamanan di wilayah Kabupaten Kubu Raya menjelang hari Raya Paskah.

Kedatangan PMKRI Cabang Sungai Raya untuk meminta dan menyampaikan permohonan kepada pihak Porles Kabupaten Kubu Raya, agar terus meningkatkan Stabilitas keamanan dan pengawasan tempat ibadah maupun tempat wisata serta pusat perbelanjaan dan lingkungan setempat.

“Hal itu untuk mengantisipasi kejadian serupa agar aktivitas masyarakat Kabupaten Kubu Raya tetap berjalan dengan lancar dan aman,” terangnya.

Ia menambahkan permohonannya untuk lebih meningkatkan aktivitas keamanan yang menjadi indikator penting selama keberlangsungan ibadah di Pekan Suci umat Katolik.

“Hal ini agar tidak mengkhawatirkan dan meresahkan masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Kubu Raya,” tuturnya.

Sementara, Paursubbag Humas Polres Kubu Raya Aiptu Dodik Yulianto menyampaikan bahwa Polres Kubu Raya akan selalu siap siaga dalam hal pengamanan. Pihaknya juga akan mengerahkan personil keamanan di seluruh Gereja Katolik yang ada di wilayah Kabupaten Kubu Raya selama Pekan Suci Paskah serta hari-hari besar lainnya.

“Polres Kubu Raya terus bergerak cepat dalam melaksanakan kemananan demi kelancaran aktivitas masyarakat Kabupaten Kubu Raya,” katanya.

Ia juga meminta kepada masyarakat agar selalu tetap waspada dan melaporkan tindakan-tindakan mencurigakan yang terjadi di wilayah Kabupaten Kubu Raya dan sekitarnya.

Berikut Permohonan DPC PMKRI Cabang Sungai raya kepada Polres Kabupaten Kubu Raya :

  1. Memastikan keterlibatan aktif pengamanan oleh personil jajaran Polres Kabupaten Kubu Raya di beberapa gereja yang ada di wilayah Kabupaten Kubu Raya.
  2. Menjaga ketat seluruh gereja yang ada di wilayah Kabupaten Kubu Raya selama masa pekan suci yaitu pada :
    a. Kamis, 01 April 2021 (Kamis Putih)
    b. Jumat, 02 April 2021 (Jumat Agung)
    c. Sabtu, 03 April 2021 (Sabtu Suci)
    d. Minggu, 04 April 2021 (Hari Raya Paskah) dan
    e. Hari Minggu biasa lainnya.
  3. Memastikan ketertiban dan keamanan umat Katolik selama beribadah di Gereja baik Paroki Maupun Stasi yang ada di wilayah Kabupaten Kubu Raya.
  4. Memastikan lingkungan gereja tetap aman dan mencegah agar tidak terjadinya peristiwa yang serupa atau hal-hal lainnya yang tidak diinginkan.
  5. Meminta Polres Kubu Raya untuk melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak Hirarki Gereja di wilayah Kabupaten Kubu raya dalam hal menjaga keamanan gereja agar supaya terciptanya aktivitas ibadah yang aman dan kondusif. #

Pos terkait

Tinggalkan Balasan