Alumni PMKRI, Pahan Apri Resmi Dilantik Sebagai Kasi Bimas Katolik Sintang

Alumni PMKRI, Pahan Apri Resmi Dilantik Sebagai Kasi Bimas Katolik Sintang
Alumni PMKRI, Pahan Apri Resmi Dilantik Sebagai Kasi Bimas Katolik Sintang

SINTANG, KALBAR SATU – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang H. Anuar Akhmad, S.Ag melantik lima (5) orang pejabat baru di lingkup  Kemenag Sintang. Jumat, (11/3/2022)

Agenda pelantikan yang digelar di aula Kantor Kemenag Sintang ini berlangsung khidmat. Dari lima orang yang dilantik, salah satunya adalah mantan Ketua Pemuda Katolik Kabupaten Sintang yang juga merupakan alumni PMKRI Cabang Madiun, Matius Pahan Apri, S.Pd.

Bacaan Lainnya

Pahan Apri dilantik sebagai Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyakat (Bimas) Katolik Kabupaten Sintang menggantikan Efendi Lion, S.S yang saat ini menjabat sebagai Kabag Keuangan Stakat Pontianak.

Pada momentum pelantikan tersebut, Pahan Apri didampingi oleh Pastor Samuel, Pr.

Kepada peopletalkpeopledotcom, Kasi Bimas Katolik Sintang yang baru dilantik ini mengatakan, bahwa dirinya siap dalam tugas perutusan dan berkomitmen mengembangkan apa yang menjadi tanggung jawabnya baik di dalam internal gereja katolik maupun masyarakat pada umumnya.

Baca Juga: Jadwal dan Jam Tayang Final Jerman Open 2022 Minggu 13 Maret, Berikut Prediksi Pemain

“Saya siap mendengar dan menerima serta merangkum harapan-harapan umat Katolik khususnya Umat Katolik Sintang kepada Pemerintah. Selain itu, bersama dengan Gereja Katolik Keuskupan Sintang berupaya untuk melibatkan tokoh-tokoh dan pemuka agama Katolik dalam memberikan pencerahan kepada seluruh lapisan masyarakat Katolik yang berada di Kabupaten Sintang,” ungkap Pahan.

Pahan Aprie didampingi langsung oleh Pastor Samuel, Pr. Pria kelahiran Riam Tapang Kapuas Hulu, 5 Juni 1981 ini juga berharap, dengan jabatan baru sebagai Kasi Bimas Katolik, dirinya semakin memberdayakan Umat Katolik Kabupaten Sintang baik dari segi pendidikan, sosial, kepemudaan, organisasi dan pendidikan dasar anak-anak.

Baca Juga: Bacaan Doa Niat Puasa Syaban, Arab, Latin, Arti, Keutamaannya dan Doa Berbuka Puasa

“Saya juga berharap agar dalam mewujudkan Masyarakat Katolik yang seratus persen Katolik dan seratus persen Pancasilais dalam Negara yang ber-bhineka tunggal Ika ini, saya bisa bermitra dan kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah dan pihak Gereja Katolik yang berada di Keuskupan Sintang,” katanya.

Harapan ke depan, tambahnya, mudah-mudahan di Sintang bisa berdiri SMA Katolik Negeri di bawah naungan Kemenag yang bekerja sama dengan Keuskupan Sintang.

Wakil Ketua Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Kabupaten Sintang ini mengakui, bahwa jabatan yang ia emban ini merupakan panggilan iman yang dimana harus diwartakan dengan penuh tanggung jawab.

“Saya mau melebarkan pengabdian saya ke lingkup yang lebih luas, ini adalah panggilan iman untuk berbakti bagi gereja, nusa dan bangsa sesuai nilai-nilai gerejani,” ujarnya.

Dirinya juga mengajak seluruh Umat Katolik di Keuskupan Sintang untuk terus merawat kasih dan solidaritas persaudaraan dengan semua umat agama lain, sehingga dapat menciptakan sumber daya manusia unggul yang hidup dalam suasana penuh toleransi.

“Bagi umat Katolik Kabupaten Sintang, mari kita terus memupuk cinta kasih persaudaraan dalam rangka membangun sumber daya manusia Kabupaten Sintang dan berperan secara aktif dan dinamis dalam mencapai tujuan pembangunan bangsa,” tegasnya.

Sementara, pastor Samuel, Pr berpesan agar jabatan yang diemban oleh Pahan Apri dipenuhi semangat pelayanan dalam membangun iman Katolik yang berkualitas.

“Intinya, bahwa orang Katolik harus mampu mewartakan dan berbakti untuk kepentingan umum,” pinta pastor Samuel, Pr.

Selain itu, lanjutya, mewakili Yang Mulia Bapak Uskup Mgr. Samuel Oton Sidin, kami berharap agar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang, khususnya Bimas Katolik Sintang selalu berjalan bersama kami menjaga dan merawat apa yang menjadi harapan semua umat.

“Harapan kami secara khusus akan bekerja sama dengan Kasie Bimas Katolik Kabupaten Sintang dalam rangka pengembangan dan pembinaan Katolik di Kabupaten Sintang.” tutup pastor Samuel, Pr.

Biografi

Matius Pahan Apri
TTL: Riam Tapang Kapuas Hulu,
5 Juni 1981.

Alumni STKIP Widya Yuwana Madiun,  Jawa Timur,  Jurusan Pendidikan Teologi Katolik (2000 – 2004)

Riwayat mengajar:
-Guru Agama KatolikSMAN 1 Ketungau Tengah Merakai  (2005 – 2008)
Guru Agama Katolik SMAN 1 Sintang (2008-2022)

Riwayat Organisasi:
-Anggota PMKRI Cabang Madiun (2000 – 2004)
-Ketua Pemuda Katolik Komcab Sintang (2007-2011)
-Pembina Pemuda Katolik 2011 hingga sekarang.
-Sekretaris KNPI Kabupaten Sintang (2017 – 2019)
-Wakil Ketua ISKA Kabupaten Sintang (2018-sekarang)

Ikuti Berita dan Artikel terbaru KALBAR SATU ID di GOOGLE NEWS

Pos terkait