Apa Arti No Bra Day? Hari Tanpa Bra Sedunia 13 Oktober, Jangan Negatif Thinking! Simak Sejarahnya

  • Whatsapp
Apa itu No Bra Day? Hari Tanpa Bra Sedunia 13 Oktober
Apa itu No Bra Day? Hari Tanpa Bra Sedunia 13 Oktober (Shuterstock)

KALBAR SATU – Hari ini, Rabu 13 Oktober merupakan Hari Tanpa Bra Sedunia (No Bra Day). Lalu, Apa itu  No Bra Day? No Bra Day atau Hari Tanpa Bra Sedunia setiap tahunnya diperingati pada tanggal 13 Oktober. 

Namun jangan negatif thinking dulu, di dalam artikel ini kita akan bahas apa itu No Bra Day sebenarnya dan bagaimana sejarahnya?

Bacaan Lainnya

Peringatan No Bra Day sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan adanya kanker payudara. No Bra Day sebenarnya tidak lepas dari kontroversi, bahwa ada yang meyakini tidak ada hubungannya bra dengan kanker payudara.

Tapi ada kelompok lain berasumsi bahwa peringatan No Bra Day sangat efektif untuk menarik perhatian para perempuan agar peduli dengan payudara mereka.

Di Hari Tanpa Bra Sedunia ini, segenap perempuan diajak untuk menanggalkan sejenak bra atau ikut menyebarkan kampanye soal kesehatan payudara di media sosial dengan hashtag #nobraday.

Baca Juga: Link Twibbon HUT ke-76 Jatim (Hari Jadi Jawa Timur 2021) Download Lalu bagikan

Baca Juga: Link Twibbon Hari Santri Nasional 2021, Peringatan 22 Oktober Versi Santri Cantik

Berikut Sejarah No Bra Day

Diketahui bahwa Hari Tanpa Bra Sedunia awalnya diperingati dua kali dalam setahun, yaitu setiap tanggal 9 Juli dan 19 Oktober. Kampanye ini mulai digalakkan pada tahun 2011 lalu.

Adapun No Bra Day yang diperingati pada 19 Oktober 201 diinisiasi oleh seorang dokter asal Kanada, Dr. Mitchell Brown. Menurut Brown, hari ini dibuat untuk mengkampanyekan kesadaran akan prosedur rekonstruksi payudara kepada para penderita kanker payudara.

Namun untuk No Bra Day yang dirayakan mulai tanggal 9 Juli 2011, dicetuskan oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Anastasia Doughnuts dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker payudara secara keseluruhan.

Lalu Tiga tahun setelahnya tepatnya tahun 2014, No Bra Day menjadi satu dan dirayakan setiap tanggal 13 Oktober.

Baca Juga: 14 Twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H /2021 M, Link Download Bingkai Foto

Baca Juga: Link Twibbon HUT Ke-250 Kota Pontianak, Gratis Download dan Penjelasan Makna Logo Hari Jadi Kota Pontianak 2021

Bulan Oktober dipilih lantaran bertepatan dengan National Breast Cancer Awareness Month di Amerika Serikat atau bulan kesadaran kanker payudara.

Untuk merayakannya, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengikuti kampanye Hari Tanpa Bra Sedunia ini. Satu diantaranya yaitu dengan cara sederhana adalah dengan menuliskan dukungan dan edukasi seputar kanker payudara menggunakan hashtag #nobraday di media sosial.

Baca Juga: Link Twibbon HUT Ke-250 Kota Pontianak, Gratis Download dan Penjelasan Makna Logo Hari Jadi Kota Pontianak 2021

Selain itu, terdapat banyak orang juga ada yang berpartisipasi dengan tidak menggunakan bra selama 24 jam di tanggal 13 Oktober tersebut. 

Kampanye No Bra Day ini dibuat, supaya para perempuan sadar pentingnya pemeriksaan payudara secara rutin, baik itu yang dilakukan sendiri yang di Indonesia dikenal sebagai langkah periksa payudara sendiri (SADARI), maupun oleh dokter.

Seperti itulah, apa arti No Bra Day, jadi bukan pamer payudara saja. Sebab Kampanye No Bra Day berkaitan erat dengan kesehatan payudara dan kesadaran pada kanker payudara.

Rujukan Media satunus.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar