Bacaan Syair Abu Nawas Amalan yang Bisa Dilakukan Wanita Dihari Jumat, Ini Lafadz dan Keutamaannya

Bacaan Syair Abu Nawas Amalan yang Bisa Dilakukan Wanita Dihari Jumat, Ini Lafadz dan Keutamaannya
Bacaan Syair Abu Nawas Amalan yang Bisa Dilakukan Wanita Dihari Jumat, Ini Lafadz dan Keutamaannya/Sumber Foto: 99.co

KALBAR SATU – Simak, berikut ini bacaan syair Abu Nawas amalan yang bisa dikerjakan juga oleh wanita di hari Jumat.

Adapun Syair Abu Nawas ini dibaca lima kali pada hari Jumat, diketahui keutamaanya sangat luar biasa bagi yang mengamalkannya.

ketika kaum lelaki melaksanakn dan mendapat keutamaan dari sholat Jumat, wanita tak perlu berkecil hati. Sebab masih banyak amalan yang bisa dilakukan oleh wanita dihari Jumat yaitu salah satunya membaca syair Abu Nawas.

Bacaan Syair Abu Nawas

Baca Juga: SMA Harapan Pahauman Rekoleksi Pendalaman Iman Katolik

Bagi santri salaf, membaca Syair Abu Nawas sudah biasa dilakukan. Isi dari syait tersebut berupa pengakuan dan juga permohonan supaya dibukakan pintu taubat dan bacaan syairnya adalah:

إِلَهـيْ لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلًا * وَلَا أَقْوَى عَلَى النَّارِ الْجَحِيْمِ

فَهَبْ لِيْ تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذُنُوْبِيْ * فَإِنَّكَ غَــــــافِرُ الذَّنْـبِ الْعَظِيْمِ

Ilahii lastu lil fiirdausi ahlaa * wa laa aqwaa ‘alaa naaril jahiimi

Fahabli taubatan waghfir dzunuubii * fa innaka ghaafirudz dzanbil ‘adhiimi

Ya Tuhanku, aku bukanlah orang yang pantas menjadi ahli surga. Tapi aku pun tidak kuat bila harus tinggal di neraka. Maka, anugerahi kemampuan bertobat dan ampunilah dosa-dosaku. Karena sesungguhnya Engkau maha pengampun segala dosa besar.

من واظب على هذين البيتين في كل جمعة توفاه الله على الاسلام من غير شك ويقرأن خمس مرات

Barangsiapa melanggengkan membaca dua bait syair ini (di atas) dalam setiap Jumat, maka Allah akan menjadikannya wafat dalam keadaan Islam tanpa ada keraguan. Dua bait syair tersebut dibaca sebanyak lima kali.

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal UAS PAS Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 28, 33 dan 34 tahun 2021

Amalan sunnah wanita di hari Jum’at

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, berikut amalan sunnah wanita di hari Jum’at:

1. Membaca surat Al Kahfi

Surat Al Kahfi memiliki sejumlah keutamaan yang sangat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Bahkan, memperbanyak membaca Al Kahfi di hari jumat juga memiliki keutamaan tersendiri.

Hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hakim:

من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين

“Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinarinya diantara 2 Jumat.”

Hadits yang diriwayatkan oleh Ad-Darimi:

من قرأ سورة الكهف ليلة الجمعة أضاء له من النور ما بينه وبين البيت العتيق

“Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada malam Jumat maka akan ada cahaya yang menyinarinya di antara dia dan Al-Bait Al-Atiq (Ka’bah).”

2. Meningkatkan dan Memperbanyak Amal Ibadah

Wanita juga hendaknya meningkatkan ibadah di hari Jumat melebihi dari hari biasanya seperti contohnya meningkatkan jumlah rokaat sholat sunnah, memperbanyak pemberian sedekah, membaca Al-Qur’an, lebih banyak menolong sesama umat muslim yang sedang membutuhkan pertolongan, menggerakkan sesama saudara muslim untuk terus berdzikir dan juga beramal shalih dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga:

3. Shalat Dhuhur Pada Awal Waktu

Meskipun tidak bisa menunaikan shalat Jumat, para muslimah juga bisa mendapatkan pahala sunnah dengan menunaikan shalat Shuhur di awal wakru dan tidak menunda-nunda apalagi melalaikan shalat tersebut.

4. Memotong Kuku

Ada beberapa riwayat yang menjelaskan tentang tata cara memotong kuku dan ini biasanya dilakukan pada hari Kamis, Jumat atau hari lainnya.

Akan tetapi tidak ada dalil yang shahih yang memberikan batasan tentang waktu memotong kuku di hari tertentu. Akan tetapi, para ulama umumnya menganjurkan untuk memotong kuku yang kotor ini ada hari jumat mengingat hari jumat merupakan hari raya mingguan umat muslim.

5. Membersihkan Diri dan Menyikat Gigi Dengan Siwak

Sunnah untuk membersihkan diri ini tidak hanya berlaku untuk kaum laki- laki yang akan menunaikan sholat Jumat saja, akan tetapi juga untuk wanita yang disunnahkan untuk membersihkan diri di hari yang sangat istimewa yaitu hari Jumat.

Selain itu, mandi pada hari jumat sendiri merupakan hal yang wajib bagi semua orang yang sudah baligh.

Selain mandi pada hari Jumat yang memang merupakan hal yang wajib dilakukan untuk setiap umat muslim tidak terkecuali untuk wanita. Selain itu, hendaklah juga ia menyikat gigi dengan siwak. (H.R. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: 

6. Perbanyak Istighfar dan Dzikir

Di hari Jumat juga, Allah akan melipat gandakan pahala untuk siapa pun yang datang dengan membawa amalan – amalan sholeh dan Rasulullah sendiri di setiap hari tidak pernah sekali pun lalai dalam membaca istighfar.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya hatiku tidak pernah lalai dari dzikir kepada Allah. Sesungguhnya aku beristighfar seratus kali dalam sehari“.

7. Perbanyak Membaca Sholawat

Membaca sholawat untuk hari biasa, itu sudah akan memberikan banyak kelimpahan pahala dan syafaat Rasul kelak di yaumil kiyamah, khususnya jika ini dilakukan pada hari yang paling istimewa yaitu hari Jumat.***

Ikuti Berita dan Artikel terbaru KALBAR SATU ID di GOOGLE NEWS