Jadwal Buka Puasa Hari Ini Sabtu 17 April 2021, Seluruh Indonesia termasuk Pontianak

  • Whatsapp
Cek Jadwal Buka Puasa Seluruh Indonesia Termasuk Pontianak Kalimantan Barat
Ilustrasi/Cek Jadwal Buka Puasa Seluruh Indonesia Termasuk Pontianak Kalimantan Barat

RAMADHAN, KALBAR SATU – Kini Puasa Ramadan 1442 Hijriah sudah memasuki hari ke-5 pada Sabtu (17/4).

Tentu saja, berbuka merupakan bagian dari ibadah puasa. Melepas rasa lapar, haus dan nafsu selama kurang lebih 12 jam.

Bacaan Lainnya

Untuk itu jadwal berbuka puasa penting diketahui. Dalam salah satu risalah, ketika berbuka puasa, Nabi Muhammad SAW menyuruh sahabatnya untuk menyegerakan berbuka. Matahari terbenam, langsung berbuka.

Tenggelamnya matahari merupakan tanda masuknya waktu Magrib. Ketika umat Islam berbuka puasa, di dalamnya ada berbagai amalan sunnah yang membawa kebaikan dan keberkahan.

Kementerian Agama telah merilis jadwal berbuka untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Merujuk pada situs bimasislam.kemenag.go.id/jadwalImsakiyah, pada hari ini waktu berbuka puasa atau azan Magrib pukul 17.49 WIB dan salat Isya dan tarawih pukul 18.58 WIB.

Kemudian untuk DKI Jakarta akan memasuki waktu Magrib pada pukul 17.54 WIB, Kota Bandung (Jawa Barat) pukul 17.55 WIB, Kota Semarang (Jawa Tengah) pukul 17.39 WIB, Kota Yogyakarta 17.39 WIB, Kota Surabaya (Jawa Timur) 17:30 WIB.

Sementara Kota Padang (Sumatera Barat) pukul 18.24 WIB, Kota Pekanbaru (Riau) pukul 18:21 WIB. Kota Banda Aceh (Aceh) akan memasuki waktu Magrib pukul 18:49 WIB. Kota Medan, (Sumatera Utara) pukul 18:34 WIB, dan Kota Palembang (Sumatera Selatan) pukul 18:05 WIB.

Selanjutnya, waktu Magrib Kota Denpasar (Bali) pada hari ke-5 pukul 18.19 WIB, Kota Mataram (Nusa Tenggara Barat) pukul 18.15 WIB, Kota Makassar (Sulawesi Selatan) pukul 18:05 WIB, dan Kota Jayapura (Papua) pukul 17:41 WIB.

Dalam sebuah hadis, dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW: “Ada tiga orang yang tidak akan tertolak doanya, yaitu: seorang yang puasa ketika sedang berbuka, seorang imam yang adil, dan do’a seorang yang terzholimi.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban).

Selengkapnya bisa mengunjungi situs bimasislam.kemenag.go.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan