Gus Ipul Jadi Sekjen PBNU Periode 2022-2027, Ini Profil Singkat Saifullah Yusuf

Gus Ipul Jadi Sekjen PBNU Periode 2022-2027, Ini Profil Singkat Saifullah Yusuf
Gus Ipul/tangkap layar FB

KALBAR SATU – Saifullah Yusuf atau biasa disapa Gus Ipul menjabat sebagai Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2022-2027.

Gus Ipul dipilih oleh ketua umum PBNU Yahya Cholil Staquf mendampingi dirinya menahkodai salah satu Organisasi Islam terbesar tersebut.

Bacaan Lainnya

Adapun pengumuman Gus Ipul menjadi Sekjen PBNU yang baru disampaikan oleh Rais Aam Miftahul Achyar pada hari ini, Rabu 12 Januari 2022.

“Sekjen PBNU di sebelah saya Gus ipul. Beliau pendekar muktamar, manakala ada muktamar keluar keramat nya. Gus Saifullah Yusuf,” sebut Miftahul Achyar.

Lihat Juga : Profil KH Yahya Cholil Staquf ( Gus Yahya) Terpilih Jadi Ketua Umum PBNU Gantikan KH Said Aqil

Selain itu, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf resmi membacakan nama Gus Ipul sebagai Sekjen PBNU. Ia didampingi sejumlah nama sebagai Wakil Sekjen antara lain Abudssalam Sohib, Sulaiman Tanjung, Maryati Solihah, Najib Azca, Faisal Zaimima, dan Abdul Qodir. 

Seperti diketahui Saifullah Yusuf saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Pasuruan, Jawa Timur. Dia menang dalam Pilkada 2020 lalu.

Lihat Juga :Profil KH Miftachul Akhyar Rais Aam PBNU Masa Khidmat 2021-2026

Sebelumnya, KH Yahya Cholil Staquf terpilih menjadi ketua umum PBNU periode 2021-2026 setelah menang melawan Said Aqil Siroj yang sudah dua periode menjabat.

Lihat Juga : Profil KH Miftachul Akhyar Rais Aam PBNU Masa Khidmat 2021-2026

Profil Gus Ipul

Biografi Singkat Gus Ipul

Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengawali kariernya Politiknya melalui organisasi GP Ansor. Dia menjadi ketua umum GP Ansor selama dua periode yaitu 2000-2005 dan dilanjutkan 2005-2010.

Sebelum menjadi ketua, Gus Ipul menjadi plh Ketua Umum GP Ansor menggantikan Iqbal Assegaf yang meninggal dunia tahun 1999.

Usai bertugas sebagai Ketua Umum PP GP Ansor dia terpilih menjadi salah satu Ketua di PBNU di bawah kepemimpinan KH. Said Aqil Siraj.

Kemudian pada Pemilu 1999 di menjadi anggota DPR dari PDIP. Ia dianggap sebagai lambang aliansi dari Abdurrahman Wahid dan Megawati Soekarnoputri sebab Saifullah merupakan orang kepercayaan Gus Dur dan ditempatkan di PDIP.

Kemudian, pada saat hubungan Gus Dur dan Megawati merenggang pada tahun 2001, Saifullah mengundurkan diri dari PDIP dan juga DPR lalu bergabung dengan PKB.

Kemudian di muktamar PKB 2002, Saifullah terpilih menjadi Sekretaris Jenderal PKB. Dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal pada Kabinet Indonesia Bersatu dari Oktober 2004 hingga Mei 2007.

Saifullah Yusuf juga terpilih sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur bersama Soekarwo dalam Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan selama dua putaran.

Saat ini Gus Ipul Saifullah Yusuf masih menjabat sebagai Wali Kota Pasuruan, Jawa Timur. Dia menang dalam Pilkada 2020 lalu.##

Ikuti Berita dan Artikel terbaru KALBAR SATU ID di GOOGLE NEWS

Pos terkait