10 Pasangan di Pontianak Menikah pada Tanggal Cantik 22-02-2022

10 Pasangan di Pontianak Menikah pada Tanggal Cantik 22-02-2022
10 Pasangan di Pontianak Menikah pada Tanggal Cantik 22-02-2022/freepik

PONTIANAK, KALBAR SATU – Berdasarkan catatan Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Pontianak yang berada di enam wilayah Kecamatan, setidaknya ada 10 pasangan yang memilih tanggal 22 bulan 02 tahun 2022.

Mereka memilih tanggal yang dimaksud karena disebut-sebut tanggal “cantik” sebagai tanggal pernikahan.

Bacaan Lainnya

Baca juga: BRI Cabang Pontianak Beri Pinjaman Triliun untuk Usaha Mikro

“Untuk KUA Pontianak Tenggara ini ada lima pasang yang melangsungkan pernikahan pada hari ini dan di jam yang sama.” kata Kepala KUA Pontianak Tenggara, Misni, saat ditemui di Pontianak, Selasa 22 Februari 2022 dikutip dari Antara.

Dikatakannya, karena saat ini sedang masa pandemi, proses pernikahan di KUA setempat mengikuti aturan pernikahan di masa pandemi COVID-19, yaitu harus mematuhi protokol kesehatan.

Untuk Penghulu KUA Pontianak Timur, Helman menyebutkan, mengenai pernikahan pada tanggal “cantik” 22/02/2022, bukan salah satu bagian istimewa untuk melangsungkan pernikahan. 

Baca juga: IAI Al-Qolam Malang Kerjasama dengan IAIN Pontianak di Bidang Pendidikan Hingga Pengabdian

“Apalagi kalau saat ini merupakan hari kerja,” katanya.

Kata Dia, untuk hari ini memang tidak ada yang menikah khususnya di KUA Pontianak Timur. Kebanyakan warga setempat memilih menikah pada hari Jumat karena mencari berkahnya.

“Atau hari Sabtu dan Minggu pas libur,” kata Helman lagi.

Karena biasanya, sebut dia, waktu ramai nikah itu pada bulan Haji dan Sya’ban karena istilahnya orang Pontianak ini tidak mau menikah di bulan yang berada di antara Idul Fitri dan Idul Adha dan akan kembali banyak yang menikah setelah Idul Adha.

Di tempat yang sama, seorang calon pengantin, Arya, yang ditemui saat sedang mendaftarkan tanggal pernikahannya di KUA, menyatakan sengaja memilih tanggal pernikahan pada hari ini, Selasa (22/2).

“Benar saya melangsungkan akad nikah di KUA Pontianak Kota dengan menjalankan protokol kesehatan dan alasan memilih akad hari ini selain tanggalnya yang cantik juga bertepatan dengan 20 Rajab dengan harapan pernikahan penuh berkah,” kata Arya menjelaskan.

Kemudian, selain pasangan Arya yang menikah hari ini, sembilan pasang calon pengantin yang lain, kepada KUA tempat mereka mendaftarkan untuk menikah, juga mengharapkan pernikahan yang berkah, selain karena mereka mempunyai alasan tersendiri untuk memilih hari ini untuk melangsungkan akad nikah.

Adapun Enam wilayah KUA itu diantaranya Kecamatan Pontianak Tenggara mencatat ada lima pasangan, kemudian KUA Pontianak Kota satu pasangan, Pontianak Barat satu pasangan, Pontianak Selatan dua pasangan, Pontianak utara satu pasangan, sedangkan untuk KUA Pontianak Timur tidak ada pencatatan.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru KALBAR SATU ID di GOOGLE NEWS

Pos terkait