Rapat Paripurna DPR RI, Lasarus Sebut Desa Menjadi Kekuatan Indonesia

Lasarus Sampaikan Belasungkawa atas Banjir di NTT dan NTB
Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus

KALBAR SATU ID, JAKARTA – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menilai bahwa desa merupakan salah satu kekuatan Indonesia dalam menghadapi ketidakpastian global.

Ketika permasalahan di desa tertangani dengan baik itu menjadi modal besar bagi kita melawan resesi global, ujar Lasarus menanggapi pidato penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2023 dan Nota Keuangan pada Rapat Paripurna DPR RI Tahun Sidang 2022 – 2023, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Selasa (16/08/2022).

Bacaan Lainnya

Baca juga: Lasarus Sebut Kalbar akan Semakin Maju Adanya Pelabuhan Internasional

Baca juga: Sujiwo Bangga Kubu Raya Borong Lima Gelar Kejuaraan Menembak Perbakin Kalbar Cup

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat (Kalbar) iyu menambahkan desa telah menjadi kekuatan bagi Indonesia untuk bertahan di tengah ketidakpastian global. Sebab, pemerintah desa yang paling tahu kondisi masyarakatnya.

“Desa menjadi basis pemerintahan paling bawah, mereka paling tahu kondisi masyarakatnya, ketika tertangani dengan baik, itu menjadi modal besar bagi kita melawan resesi global,” ujar Lasarus.

Baca juga: Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Landak, Maria Lestari: Kader PDI Perjuangan Berikan Kontribusi Nyata

Baca juga: Wali Kota Pontianak Perkuat Pemetaan Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Oleh karena itu, lanjut Lasarus DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, pemerintah desa harus diperkuat, salah satunya dengan pengembangan pembangunan infrastruktur dan peningkatan sumber daya manusia (SDM).

“Kekuatan lokal harus kita kedepankan dalam menghadapi masalah global ini. Kekuatan pembangunan desa harus menjadi tumpuan kita, karena masalah di desa menjadi masalah nasional,” ungkap Lasarus.

Baca juga: HUT ke-14 Tribun Pontianak, Lasarus: Semoga Semakin Inovatif dalam Melahirkan Produk Pers

Dalam rangka meningkatkan peran desa, Lasarus mengatakan pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk dana desa guna membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat desa.

Baca juga: Sungai Asam dan Lima Desa di Kubu Raya Terima Kode Pemekaran dari Mendagri

Menurutnya, adanya alokasi anggaran dana desa itu menjadi salah satu kebijakan yang penting bagi penguatan desa. Kendati demikian, agar dana desa diawasi secara baik oleh pemerintah, sehingga tujuan dari dana desa bisa maksimal.

“Hasilnya dapat menjadi kekuatan kita dalam konteks menghadapi masalah global ini,” tutup Lasarus Anggota DPR RI Dapil Kalbar Dua.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru KALBAR SATU ID di GOOGLE NEWS

Pos terkait