Saran Makanan dan Minuman Ramadhan: Intip Menu Berbuka dan Sahur Dijamin Maknyos

Saran Makanan dan Minuman Ramadhan: Intip Menu Berbuka dan Sahur Dijamin Maknyos
Saran Makanan dan Minuman Ramadhan: Intip Menu Berbuka dan Sahur Dijamin Maknyos. Foto/ilustrasi.

KALBAR SATU- Saran Makanan dan Minuman Ramadhan: Intip Menu Berbuka dan Sahur Dijamin Maknyos.

Berikut ini terkait rekomendasi resep menu makanan dan minum untuk sajian di bulan ramadhan.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa saran yang berisik an tentang makanan dan minuman yang pastinya dijamin sehat.

Kalian bisa gunakan cara-cara ini untuk dijadikan menu sahur atau buka puasa di bulan Ramadhan ini.

Apalagi di bulan ramadhan ini, bagi yang menunaikan nya harus tetap menjaga kesehatan tubuh terutama dari jenis makanan.

Oleh karena itu dianjurkan untuk makan sahur yang sehat saat menjalankan ibadah puasa baik itu saat berbuka maupun sahur.

Baca juga: Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan dan untuk Bacaan Niat Satu Bulan Penuh

Lalu apa saja rekomendasi makanan sehat di bulan ramadhan ini? Yuk simak beberapa tips yang bisa menjadi rujukan menu sahur yang baik selama berpuasa dikutip dari kompas.com:

  1. Asupan cairan yang cukup

Saat makan sahur, pastikan Anda mendapat asupan cairan yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi meski puasa seharian.
Caranya, Anda bisa bangun sahur lebih awal dan meminum air putih sebanyak 1 gelas.

Kemudian, makan sahur pada akhir waktu lalu minum 1 gelas air lagi. Air itu bisa berupa air mineral, sari buah atau jus. Makan sahur dengan aneka sup atau masakan berkuah juga bisa jadi solusi untuk memenuhi cairan tubuh.

Baca juga: Tulisan Niat Puasa Ramadhan dan untuk Bacaan Satu Bulan Penuh

  1. Konsumsi karbohidrat kompleks dan sehat
    Saat sahur, konsumsilah makanan yang dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama. Dalam hal ini, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks dan makanan tinggi serat.

Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sekaligus tinggi serat, yakni nasi merah dan roti gandum.

Konsumsi makanan tinggi serat juga dapat mengatur pelepasan energi secara perlahan.

  1. Komposisi nutrisi

Saat membuat menu makan sahur, Anda sebaiknya juga harus memperhatikan komposisi nutrisi.

Baca juga: Bacaan Niat Puasa Ramadhan Satu Bulan dan Teks Harian 2022

Di mana, menu sahur akan lebih baik jika meliputi makanan yang memenuhi semua vitamin, mineral dan zat gizi lainnya.

Jadi, selain nasi dan sayuran, Anda sebaiknya juga mengonsumsi daging atau penggantinya seperti tahu, tempe, dan susu saat makan sahur.

  1. Tambahkan buah dan sayuran

Selain karbohidrat kompleks, Anda patut juga menjadikan sayuran dan buah-buahan sebagai menu utama sahur.

Resep masakan seperti tumis sayuran, sup sayuran dan sejenisnya sangat baik untuk dikonsumsi.

Selain itu, buah-buahan juga sangat penting untuk turut dikonsumsi karena kaya akan asupan vitamin dan mineral untuk menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga: Waktu Buka Puasa Wilayah Bandung: Jadwal Adzan dan Imsyakiyah 3 April 2022

Buah-buahan tersebut bisa dikonsumsi secara utuh atau bisa diolah menjadi jus atau smoothies.

5. Makan makanan kaya protein

Protein sangat diperlukan tubuh saat berpuasa karena bisa berperan sebagai cadangan energi.

Makanan kaya protein layak dijadikan pilihan utama saat mebuat menu sahur yang baik karena bisa memberikan energi secara konstan.

Ketika Anda mengonsumsi protein, tubuh akan memecahnya menjadi asam amino yang diperlukan oleh otot dan darah.

Beberapa makanan sumber protein, di antaranya yakni:

Daging

Telur

Ikan

Tahu

Tempe

Kacang-kacangan

Demikian informasi terkait Saran Makanan dan Minuman Ramadhan: Intip Menu Berbuka dan Sahur Dijamin Maknyos.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru KALBAR SATU ID di GOOGLE NEWS

Pos terkait