Latih Masyarakat Buka Lahan Tanpa Bakar

  • Whatsapp
Latih Masyarakat Buka Lahan Tanpa Bakar
Guna Cegah kebakaran lahan, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS) Kapuas Hulu edukasi masyarakat di Desa Tanjung Lasa Kecamatan Putussibau Utara dengan melatih membuka lahan tanpa bakar.

KAPUAS HULU, KALBAR SATU – Guna Cegah kebakaran lahan, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS) Kapuas Hulu edukasi masyarakat di Desa Tanjung Lasa Kecamatan Putussibau Utara dengan melatih membuka lahan tanpa bakar.

“Pelatihan teknis penunjang pembukaan lahan tanpa membakar tujuannya untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” kata Kepala Balai Besar TNBKDS Kapuas Hulu Arief Mahmud, di Putussibau Kapuas Hulu Kalbar, Senin 5 Juli 2021.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Kata Areif, pelatihan teknis itu dilaksanakan dengan kolaborasi antara Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Tanjung Kerja, Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Mataso dengan Brigdalkarhut Manggala Agni Daops Semitau serta Mahasiswa Kelompok Pecinta Alam  Universitas Tanjungpura (Mapala Untan).

Disebutkannya, bahwa materi pelatihan terkait manfaat penting Pembukaan lahan tanpa membakar (PLTB), pembuatan pupuk kompos organik dengan memanfaatkan limbah PLTB mau pun limbah organik rumah tangga.

Baca Juga: Sidang Perkara Tipikor Reboisasi Lahan Kapuas Hulu Terus Berlanjut

Baca Juga: TK Bhayangkari Ketapang Terbakar, Api Diduga Berasal dari Arus Pendek Listrik

“Kemudian diikuti dengan praktek langsung cara pembuatan pupuk kompos organik dengan menggunakan bantuan mesin pencacah,” sebutnya.

Sementara, Kepala Desa Tanjung Lasa Stefanus Stevens mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu gerbong bagi Desa Tanjung Lasa untuk menjadi desa percontohan di Kapuas Hulu.

Hal itu kata dia, seiring dengan dilaksanakannya berbagai kegiatan yang menunjang peningkatan ekonomi kreatif yang diinisiasi TNBKDS Kapuas Hulu.

Kemudian ditambahkan Kepala Bidang PTNW I Mataso, Junaidi, harapannya agar kegiatan PLTB ini tidak berhenti di pelatihan itu saja, namun diaktualisasikan terutama dalam kegiatan pembukaan lahan yang akan dilakukan masyarakat.

“Masyarakat harus senantiasa bersinergi dan berkontribusi aktif dalam mewujudkan zero forest fire khususnya di Kapuas Hulu,” pinta Junaidi.

Pada kegiatan tersebut Tim Balai Besar TNBKDS menyerahkan bantuan mesin cacah, tong sampah serta gerobak sampah tematik kepada masyarakat Desa Tanjung Lasa.

Tujuan kegiatan untuk menunjang pelaksanaan pembukaan lahan tanpa membakar melalui pembuatan produk pupuk kompos organik secara mandiri oleh masyarakat.

Juga dapat dimanfaatkan guna meningkatkan produktivitas hasil pertanian, pupuk kompos organik yang dibuat nantinya juga dapat dipasarkan untuk menambah pendapatan ekonomi masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan