Jelang Arus Mudik Lebaran, Lasarus Beri Catatan Khusus ke Kemenhub

  • Whatsapp
Jelang Arus Mudik Lebaran, Lasarus Beri Catatan Khusus ke Kemenhub
Ketua Komisi V DPR RI Lasarus memberi catatan khusus kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelang datangnya arus mudik lebaran tahun 2021.

JAKARTA, KALBARSATU.ID – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus memberi catatan khusus kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelang datangnya arus mudik lebaran tahun 2021.

Ia meminta Kemenhub untuk memperhatikan kembali transportasi mudik lebaran serta betul-betul menjadikan aspek keamanan, kenyamanan, keselamatan, dan kelancaran sebagai fokus utama selama arus mudik dan balik lebaran.

Bacaan Lainnya

Catatan khusus tersebut disampaikan Lasarus ketika memimpin rapat kerja dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (16/3/2021).

Selain catatan khusus di atas, guna menekan terjadinya kecelakaan selama arus mudik, legislator dari dapil Kalbar 2 itu juga meminta Kemenhub untuk memperkuat koordinasi lintas sektor dengan instansi terkait.
 
“Selain masalah koordinasi lintas sektoral dan persiapan rutin kendaraan darat, pemeriksaan kelaikan sarana transportasi laut, kereta api, dan udara, Komisi V DPR RI juga mencatat beberapa hal yang perlu dicermati antara lain peningkatan aspek keselamatan, keamanan, kelancaran, dan kualitas pelayanan transportasi darat, laut, udara, dan kereta api untuk meminimalisir kecelakaan transportasi,” ujar Lasarus sebagaimana disitat dari situs web dpr.go.id.

Politikus yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat itu menambahkan bahwa masih terdapat aspek lain yang perlu menjadi perhatian Kemenhub menjelang arus mudik.

Aspek tersebut ialah perencanaan dan pembangunan yang mengedepankan konektivitas transportasi nasional dalam mendukung sistem logistik yang terintegrasi dengan jaringan transportasi darat, laut, dan udara.
 
Pada kesempatan yang sama, Lasarus juga menyoroti tentang masih banyaknya keluhan penumpang saat mengakses moda transportasi publik. Keluhan itu dikatakannya terjadi di berbagai moda transportasi, baik darat, laut, maupun udara.

Umumnya, lanjut Lasarus, keluhan itu muncul lantaran pelayanan yang belum begitu optimal kepada penumpang. Oleh karenanya, Ia pun meminta Kemenhub untuk lebih memperbanyak informasi dan edukasi pada semua simpul transportasi massal. #

Pos terkait

Tinggalkan Balasan