Atlet Catur Binaan PMP Kalbar Raih Juara Di MRSM Tun Mustapha Chess Championship Malaysia

Atlet Catur Binaan PMP Kalbar Raih Juara Di MRSM Tun Mustapha Chess Championship Malaysia
Atlet Catur Binaan PMP Kalbar Raih Juara Di MRSM Tun Mustapha Chess Championship Malaysia. Foto/ISTIMEWA.

KALBAR SATU ID, PONTIANAK– Atlet catur binaan Perkumpulan Merah Putih (PMP) Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Kamalsyah berhasil meraih juara 3 dalam kejuaraan MRSM Tun Mustapha Chess Championship yang digelar 15-20 September 2022 di Tawaw Kinabalu, Malaysia.

Seusai mengikuti Kejuaraan catur internasional tersebut, Muhammad Kamalsyah kembali ke Tanah Air dengan meraih Juara 3, dan kemudian melakukan silahturahmi dan ramah tamah dengan Ketua Umum PMP Kalbar beserta pengurus di Sekretariat PMP Kalbar di jalan Sepakat Pontianak pada hari Minggu Malam ( 25 September 2022).

Bacaan Lainnya

Baca juga: Forum Komunikasi BEM Se-Kalimantan Diskusikan Peran Mahasiswa Dalam Pembangunan Ibu Kota Negara

“Saya berterimakasih atas dukungan PMP Kalbar dalam pembinaan dan membantu keberangkatan saya bertanding,” kata Kamal.

Menurut Kamal, jika tidak mendapat dukungan PMP Kalbar, belum tentu dia bisa sampai mengikuti pertandingan bertaraf internasional di luar negeri.

“Saya sudah berlatih selama 12 tahun, setiap hari selama 12 jam. Dengan ini, saya dapat menguji kemampuan saya,” ucap Kamal.

Baca juga: BWSK I Pontianak Gelar Sosialisasi Perizinan Sumber Daya Air Tahun 2022
Kamal bersyukur, sudah diberi kesempatan untuk mengikuti kejuataan catur di luar negeri, karena tentunya itu akan menambah pengalaman.“Alhamdulillah, berkat dukungan PMP, saya bisa menambah pengalaman. Cita-cita saya jadi master internasional pertama yang berasal dari Kalbar,” ucap Kamal.

Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Merah Putih (PMP) Sukiryanto mengatakan, Kamal adalah atlet catur berbakat yang dimiliki Kalbar, bahkan Indonesia.

Baca juga: PMII Kubu Raya Serahkan Berkas Pemantau Pemilu 2024 ke Bawaslu

“Untuk menaikkan ratingnya, tentulah harus sering-sering bertanding. Bulan depan dia akan dikirim lagi ke Thailand, tentu PMP akan dukung,” ucap Sukiryanto.

Sukiryanto harap Kamal terus berlatih untuk mengasah kemampuan di ajang-ajang turnamen atau kejuaraan Catur di semua tingkatan baik nasional maupun Internasional.

“Semangat jangan kendor. Yang penting tanamkan keikhlasan di dalam diri,” ujar Sukiryanto.

Baca juga: Beli Tiket September in Love Dapat Voucher Gratis Karaoke Master Piece Pontianak

Seperti diketahui, turnamen MRSM Tun Mustapha Chess Championship 2022 diikuti sebanyak 92 orang, salah satunya adalah Grand Master asal Filipina dan sejumlah Master Internasional maupun Master Fide.

Baca juga: Waspadai Predator! Guru Cabuli Santrinya di Tegal, Mengaku Sayang dan Sering Lihat Korban Mandi

Kendati pesertanya terdiri dari para master tingkat internasional, namun Muhammad Kamasyah yang baru menyandang gelar Master Percasi (MP), berhasil menduduki ranking 3, di bawah Grand Master Antonio Rogelio Jr dan Master Fide Villanueva Nelson, keduanya dari Filipina.

Ini merupakan capaian prestasi yang membanggakan, karena atlet catur Kota Pontianak jarang berlaga di tingkat Internasional.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru KALBAR SATU ID di GOOGLE NEWS

Pos terkait