Scroll untuk baca artikel
News

PA GMNI Pontianak Gelar Pemeriksaan Gratis, Suhardi: Patut Dicontoh di Daerah Lainnya

106
×

PA GMNI Pontianak Gelar Pemeriksaan Gratis, Suhardi: Patut Dicontoh di Daerah Lainnya

Sebarkan artikel ini
PA GMNI Pontianak Gelar Pemeriksaan Gratis, Suhardi: Patut Dicontoh di Daerah Lainnya
PA GMNI Pontianak Gelar Pemeriksaan Gratis, Suhardi: Patut Dicontoh di Daerah Lainnya. Foto/ISTIMEWA.

PONTIANAK, KALBAR SATU ID – Dalam rangka Dies Natalies Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ke-68 tahun, Persatuan Alumni (PA) GMNI Kota Pontianak menggelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis kepada masyarakat Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Jl. Kebangkitan RT.5 RW.5 Keluarahan Batulayang, Kec.Pontianak Utara, Kota Pontianak, Sabtu (26/03/2022).

Suhardi Anggota DPRD Kota Pontianak mengapresiasi dan patut ditiru di tempat lainnya terutama kegiatan sosial yang bisa diterima langsung manfaatnya oleh masyaratak.

Advertiser
Banner Ads

“Kegiatan itu baik dan perlu dicontoh didaerah-daerah lain juga perlu dukungan dari dinas terkait apalagi kegiatan tersebut bersentuhan langsung dengan masyarakat dan menjadikan masyarakat mengenal arti pentingnya kesehatan bagi mereka,” ujar Dewan Fraksi Partai Gerindra Dapil Pontianak Utara itu.

Baca juga: PA GMNI Pontianak Peduli Warga TPA Sampah Batu Layang dengan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Baca juga: GMNI Kalbar Gelar Silaturahmi dan Perayaan Dies Natalis ke-68 Tahun

Ketua PA GMNI Kota Pontianak Abdul Haris mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah merupakan hasil kajian dan survei yang dianggap sangat butuh layanan tersebut.

“Dari kajian dan survei lapangan pengurus PA GMNI Kota Pontianak terhadap beberapa tempat di Kota Pontianak dirasa sangat urgent dan penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat TPA Sampah batu layang, karena 80% masyarakatnya bergantung hidup dengan memulung barang bekas dari sampah sehingga sangat rentan terhadap penyakit ” ujarnya kepada KALBARSATU.ID pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Haris juga menegaskan bahwa di area tersebut merupakan titik akhir pembuangan sampah seluruh Kota Pontianak, sehingga baik langsung maupun tidak langsung dampaknya sangat dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Baca juga: Kaderisasi DPK GMNI Kehutan Untan Diharapkan Melahirkan Kader Militan

“Yang pastinya akan ada dampak baik itu kesehatan dan lainnya bagi warga sekitar TPA Sampah itu. Sehingga kami menginisiasi untuk membuat Pemeriksaan Kesehatan Gratis di lokasi ini,” lanjutnya.

Senada yang disampaikan Ketua RT.5 RW.5 Kelurahan Batulayang Syamsul Bahri menyebutkan, penyakit yang dialami oleh warganya itu kebanyakan penyakit kulit.

“Rata-rata penyakit yang dialami oleh warga sini seperti gatal-gatal dan penyakit lainnya, dikarenakan kekurangan air bersih dan air sekitar terindikasi sudah bercampur dengan bakteri sampah,” katanya.

Selain itu, Syamsul berharap perlu adanya sentuhan dari pemerintah setempat untuk menyalurkan air bersih untuk warganya secara gratis.

“PDAM di sini masuk, akan tetapi penghasilan warga sekitar sangat rendah, hanya memilih sampah di TPA Sampah untuk dijual kembali. Maka perlu ada bantuan seperti sumur bor dan lainnya untuk warga sekitar,” ungkapnya.

Baca juga: PA GMNI Kalbar Sukses Gelar Konferda, Bung Abdi: Kader Ada Dimana–mana

Di tempat yang sama, Ibu Maliyah berusia 43 tahun warga yang mengikut pemeriksaan kesehatan gratis itu sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada PA GMNI Kota Pontianak atas kegiatan tersebut.

“Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman atas kegiatan ini. Saya sendiri mempunyai keluhan yang sering nyeri bagian lutut, dengan adanya kegiatan seperti ini saya dapat memeriksakan diri tanpa harus berjalan terlaku jauh” pungkasnya.

Adapun peserta yang mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis tersebut sebanyak 51 warga diantaranya anak di bawah umur 26 orang dan 25 orang dewasa.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
https://gemoy22.smkn1cianjur.sch.id/ https://gemoy22.kdsa.co.id/ https://gemoy22.smk4palembang.sch.id/ scatter hitam