Berikut 12 Amalan Sunnah Sebelum Mendirikan Shalat Jumat

  • Whatsapp
Amalan Sunnah Sebelum Mendirikan Shalat Jumat
Amalan Sunnah Sebelum Mendirikan Shalat Jumat/Ilustrasi

KALBAR SATU – Umat muslim memiliki kewajiban yang wajib dilaksanakan khususnya bagi kaum pria yaitu mendirikan shalat Jumat di masjid.

Bagi umat muslim yang telah menunaikan shalat jumat maka gugur kewajiban shalat dzuhurnya. Begitu pula sebaliknya untuk muslim yang meninggalkan sholat jumat dengan alasan yang kuat.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari Islam Pos, pada hari Jumat memiliki banyak kemuliaan dan keutamaan tersendiri. Rasulullah SAW amat memuliakan hari Jumat. Amalan wajib yang harus dilakukan saat hari Jumat adalah Shalat Jumat bagi kaum adam.

Sholat Jumat merupakan salah satu keutamaan yang dimiliki oleh hari Jumat. Sebelum menjalankan ibadah wajib tersebut, tentunya banyak amalan sunnah yang apabila dikerjakan akan menambah pahala bagi orang yang menjalankannya.

Kali ini Dream merangkum dari berbagai sumber, tentang amalan-amakan sunnah sebelum mendirikan sholat Jumat.

Amalan sunnah sebelum mendirikan Sholat Jumat yang pertama adalah mandi. Meskipun sunnah, ternyata ada juga yang berpendapat bahwa mandi di hari Jumat hukumnya wajib seperti hadist yang diriwayatkan oleh Abu Said Al Khudri. Dalam hadist tersebut, Rasulullah saw bersabda, “ Mandi apda hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang baligh.” (HR Bukhari dan Muslim).

Nah, dari hadist tersebut diketahui bahwa mandi wajib dilakukan bagi setiap muslim pria yang telah baligh, namun tidak wajib bagi muslim perempuan, anak-anak, orang akit, dan musafir. Mandi ini dilakukan sebelum mendirikan sholat Jumat.

Mandi yang dilakukan sebelum sholat Jumat ini adalah serupa dengan mandi besar. Rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadist, “ Barangsiapa mandi Jumat, seperti mandi jinabat.” (HR Bukhari dan Muslim).

Berikut yang kamir rangkum dari Islam Pos 12 amalan sebelum mendirikan shalat jumat:

Menggosok Gigi

Selain mandi besar, hal yang juga menjadi amalan sunnah sebelum mendirikan sholat Jumat adalah menggosok gigi. Hal ini sesuai dengan sebuah hadis Nabi saw yang diriwayatkan oleh Abu Said Al Khudri.

Rasulullah saw bersabda, “ Mandi hari Jumat diperintahkan bagi setiap yang sudah bermimpi (akil baligh), bersiwak dan menggunakan minyak wangi jika dia memilikinya.” (HR Muslim).

Bersiwak atau menggosok gigi merupakan membersihkan gigi dengan menggunakan batang kayu siwak yang di antara hikmahnya adalah untuk membersihkan dan menghilangkan bau mulut.

Jika kamu tidak memiliki kayu siwak untuk bersiwak, maka sebagai gantinya adalah dengan menggunakan sikat gigi dengan pasta gigi. Sebab inti dari ajaran siwak ini adalah membersihkan gigi dan menghilangkan bau mulut.

Memotong Kuku dan Kumis

Amalan sunnah sebelum mendirikan sholat Jumat selanjutnya adalah memotong kuku dan kumis. Amalan yang satu ni juga sesuai dengan hadis Nabi saw.

“ Adalah Rasulullah saw memotong kuku dan mencukur kumis pada hari Jumat sebelum beliau pergi sholat Jumat.” (HR Al Baihaqi dan At Tabrani).

Memakai Pakaian Putih

Sebagian ulama berpendapat pakaian yang terbaik untuk digunakan Sholat Jumat adalah pakaian putih bersih. Hal ini sesuai dengan hadist Nabi saw berikut:

“ Kenakan pakaian-pakaian putih, karena pakaian putih adalah sebaik-baik pakaian kalian. Dan kafanilah dengan kain putih orang yang mati di antara kalian.” (Hadis Shahih diriwayatkan oleh Abu Dawud no 3878, Tirmidzi no. 994, Nasai VII/205, Ibnu Majah no 1472 dan Ahmad I/247).

Namun jika tidak memiliki pakaian putih, maka boleh menggunakan pakaian apapun asalkan bersih dan rapi.

Memakai Wewangian

Memakai wewangian adalah amalan sunnah sebelum mendirikan sholat Jumat. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi saw seperti berikut ini.

“ Siapa yang mandi pada hari Jumat dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai wewangian jika ada, kemudian pergi sholat Jumat……” (HR Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

Selain hadis di atas, juga masih ada hadis tentang amalan sunnah menggunakan wewangian ketika hendak pergi sholat Jumat.

Rasulullah saw bersabda, “ Barangsiapa mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang lalu sholat sesuai yang ditentukan baginya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Segera Menuju ke Masjid

Setelah berbenah dengan pakaian rapi dan menggunakan minyak wangi, selanjutnya berangkatlah segera ke masjid dengan membaca doa saat keluar rumah. Berangkatlah ke masjid dengan berjalan kaki pelan-pelan dan tidak banyak bicara.

Anas bin Malik berkata, “ Kami berpagi-pagi menuju sholat Jumat dan tidur siang setelah sholat Jumat.” (HR Bukhari).

Sementara itu, Al Hafidz Ibnu Hajar berkata, “ Makna hadis ini yaitu para sahabat memulai sholat Jumat pada awal waktu sebelum mereka tidur siang, berbeda dengan kebiasaan mereka pada sholat dzuhur ketika panas, sesungguhnya para sahabat tidur terlebih dahulu kemudian sholat ketika matahari telah rendah panasnya.”

7 dari 12 halaman

Melangkah Masuk Masjid dengan Kaki Kanan

Ketika hendak masuk masjid, sebaiknya langkahkan kaki kanan terlebih dahulu daripada yang yang kiri sambil membaca doa masuk masjid.

Mendirikan Sholat Tahiyyatul Masjid

Ketika sudah berada di dalam masjid, sebelum duduk, hendaklah mendirikan sholat sunnah tahiyyatul masjid. Seperti hadis Nabi saw, Rasulullah saw bersabda “ Apabila seseorang masuk masjid maka hendaklah dia mengerjakan sholat dua rokaat sebelum ia duduk.” (HR Abu Dawud dari Abu Qatadah).

Memperbanyak Sholawat dan Doa

Perbanyaklah membaca sholawat saat hari Jumat, Rasulullah saw bersabda, “ Sesugguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan disampaikan kepadaku.”

I’tikaf Sambil Membaca Al-Quran dan Berdzikir

Sebelum khatib naik ke mimbar, sebaiknya lakukan iktikaf terlebih dahulu dengan membaca al-Quran, berdzikir, membaca sholawat dan berdoa. Jika khatib sudah naik mimbar, maka hentikanlah iktikaf dan segera mendengarkan khutbah Jumat.

Sholat Sunnah Ba’diyah

Setelah selesai sholat Jumat, dirikanlah sholat sunnah ba’diyah Jumat baik di masjid maupun di rumah.

Rasulullah saw bersabda, “ Apabila kalian telah selesai mengerjakan sholat Jumat, maka sholatlah empat rokaat.”

Selain itu, Amr juga menambahkan dalam riwayat dari Ibnu Idris bahwa Suhail berkata, “ Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka sholatlah dua rokaat di masjid dan dua rokaat apabila engkau pulang.” (HR Muslim dan Tirmidzi).

Membaca Surat Al-Kahfi

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallohu ‘anhu, bahwa Nabi saw bersabda, “ Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jumat.” (HR Hakim dalam Al-Mustadrok).

Itulah beberapa amalan sunnah sebelum mendirikan sholat Jumat yang perlu kamu kerjakan sebelum sholat Jumat. Dengan berbagai amalan sunnah tersebut, semoga kita bisa mendapat keberkahan melimpah di hari Jumat. Amin ya robbal alamin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan