Jokowi Ucapkan Selamat Kepada Perdana Menteri Australia Anthony Albanese yang Baru Dilantik di Twitter

Jokowi Ucapkan Selamat Kepada Perdana Menteri Australia Anthony Albanese yang Baru Dilantik di Twitter
Jokowi Ucapkan Selamat Kepada Perdana Menteri Australia Anthony Albanese yang Baru Dilantik di Twitter. Foto/ISTIMEWA.

INTERNASIONAL, KALBAR SATU ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan selamat kepada Anthony Albanese sebagai Perdana Menteri Australia yang beri dilantik menggantikan Scott Morrison. Jokowi berharap kerja sama Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) bisa dilaksanakan secara konkret.

“Selamat Anthony Albanese @AlboMP karena terpilih menjadi Perdana Menteri Australia! Berharap dapat bekerja sama dengan Anda dengan memajukan Kerja Sama Strategis Komprehensif, termasuk implementasi konkret IA-CEPA,” ujar Jokowi melalui akun Twitter-nya, Senin (23/5/2022).

Bacaan Lainnya

Baca juga: Presiden Jokowi Bolehkan Tak Pakai Masker Ketika di Luar Ruangan

Baca juga: Hadiri Kegiatan Muslimat dan Fatayat NU Tuban, Ratna Juwita: Mohon Doa Restu Gus Muhaimin Presiden

Mantan Walikota Solo ini juga menyampaikan terima kasih kepada mantan Perdana Menteri Australia Scott Morrison atas kerja sama selama ini. Menurut dia sudah berdedikasi dalam mengembangkan hubungan bilateral Indonesia dan Australia.

Dilansir dari laman resmi Kementeria Luar Negeri, IA-CEPA merupakan perjanjian kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia. Perjanjian ini telah berlaku sejak 5 Juli 2020.

Konsep kerja sama yang dibangun oleh Indonesia dan Australia melalui IA-CEPA diarahkan membentuk “economic powerhouse”.di kawasan. Kerja sama ini mengombinasikan kekuatan kedua negara.

Baca juga: Presiden Jokowi Lantik 7 Komisioner KPU dan 5 Bawaslu RI Periode 2022-2027, Siapa Ketuanya?

Baca juga: Dinilai Cemarkan Nama Baik Partai! Gubernur Kalbar Disomasi PDI Perjuangan

CEPA juga dirancang saling terhubung membentuk segitiga, yang terdiri dari: akses pasar, pengembangan kapasitas dan fasilitasi perdagangan dan investasi; baik dilakukan secara bilateral maupun dengan blok kerja sama ekonomi.

Ada empat manfaat umum yang diharapkan dari IA-CEPA. Pertama, memperluas akses pasar dan meningkatkan produk industri manufaktur, pertanian, perikanan, dan kehutanan. Kedua, meningkatkan investasi dua arah antara Indonesia dan Australia.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru KALBAR SATU ID di GOOGLE NEWS

Pos terkait