Pemkab Kubu Raya Promosikan Potensi Daerah di Jogja Craft Indo

Pemkab Kubu Raya Promosikan Potensi Daerah di Jogja Craft Indo
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Kubu Raya. Foto/ISTIMEWA.

KALBAR SATU ID, SLEMAN – Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menghadiri pembukaan Jogja Craft Indo di Sleman City Hall Yogyakarta, Jumat, 16 September 2022. Jogja Craft Indo merupakan pameran perdagangan, UMKM, pariwisata, ketahanan pangan, dan investasi yang digelar selama tiga hari mulai 16-18 September 2022 di Sleman City Hall.

Wabup Sujiwo mengatakan, keikutsertaan Kabupaten Kubu Raya di pergelaran Jogja Craft Indo bertujuan mengenalkan potensi dan produk unggulan daerah di tingkat nasional. Partisipasi Kubu Raya pada Jogja Craft Indo dinilai Sujiwo sangat strategis. Sebab menurutnya, pameran tersebut juga menjadi forum interaksi bisnis yang dapat meningkatkan pemasaran tidak saja di dalam negeri tapi juga di luar negeri.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Tuntutan GMNI Sintang: Segera Tetapkan Wakil Bupati

“Mudah-mudahan tujuan utama supaya produk kita dikenal dan kemudian bisa mendapatkan pasar dapat terwujud. Sehingga para pelaku UMKM di Kubu Raya ini mempunyai market yang jelas ke depannya dan berbagai produk kita dikenal oleh daerah lain,” tuturnya.

Pelaksana Tugas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kubu Raya Maria Agustina mengatakan bahwa dalam pameran ini, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tidak menjual langsung produk yang dipamerkan kepada pengunjung yang datang. Sebab, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu selaku dinas yang mempromosikan potensi dan produk unggulan daerah lebih berupaya memperkenalkan dan memfasilitasi antara pembeli dan produsen.

Baca juga: Pembelian Tiket Event September in Love, Riski Febian dan Mahalini di Qubu Resort

“Nah, makanya di sini kami hanya membawa tester-tester dan contoh-contoh produk unggulan kita baik dari UMKM maupun Dekranasda. Dan di sini juga kita mencoba mengenalkan potensi Kabupaten Kubu Raya khususnya tema kali ini kita angkat tentang mangrove yang menjadi unggulan di Kubu Raya,” jelasnya.

Baca juga: Gadis ABG Open BO via MiChat Terungkap Lewat Razia Prostitusi Online, Berapa Tarif Sekali Kencan? Simak Faktanya

Karena itu, lanjutnya, yang menjadi prioritas adalah memperkenalkan daerah dan potensi-potensi unggulan daerah termasuk beragam produk UMKM yang ada.

“Walaupun ada beberapa produk kita yang terkesan mirip dengan sejumlah produk dari daerah lain, kita tetap yakin dan optimistis bahwa produk-produk kita punya kekhususan sendiri. Tadi ada beberapa pengunjung pameran yang tertarik dengan miniatur sampan menanjak produk kita. Selain itu juga ada beberapa yang mencoba coklat kita dan mereka mengakui bahwa coklat kita rasanya tidak kalah dengan coklat produksi daerah lain,” imbuhnya.

Baca juga: Hasto Buka Rakerda III PDI Perjuangan Kalbar, Lasarus Paparkan Progres Pembangunan Kantor Partai

Maria mengungkapkan di ajang Jogja Craft Indo, pihaknya membuka akses komunikasi antara calon pembeli dengan para pelaku UMKM di Kubu Raya.

Baca juga: Rakercab PDI Perjuangan Kubu Raya Targetkan 11 Kursi DPRD

“Nah, ini yang kita harapkan bahwa masyarakat mengenal dulu tempat kita dan kalau mereka berminat, mungkin dalam kapasitas cukup besar, kita memberikan identitas para UMKM kita di mana nanti mereka bisa berkomunikasi secara langsung,” pungkasnya.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru KALBAR SATU ID di GOOGLE NEWS

Pos terkait