Membaca Doa Malam Nisfu Syaban di Waktu Setelah Magrib Kamis 17 Maret 2022 Lengkap Niat Baca Yasin

Membaca Doa Malam Nisfu Syaban di Waktu Setelah Magrib Kamis 17 Maret 2022 Lengkap Niat Baca Yasin
Membaca Doa Malam Nisfu Syaban di Waktu Setelah Magrib Kamis 17 Maret 2022 Lengkap Niat Baca Yasin/freepik Ilustrasi

KALBAR SATUInformasi terkait membaca doa malam Nisfu Syaban di waktu setelah Magrib Kamis 17 Maret 2022 lengkap niat baca Yasin.

Besok, Kamis tanggal 17 Maret waktu selepas Magrib sudah masuk malam 15 Syaban.

Bacaan Lainnya

Di malam 15 Syaban ini adalah malam berlangsungnya Nisfu Syaban. Nisfu Syaban merupakan suatu malam istimewa bagi umat Islam.

Tentu nya Banyak amalan dianjurkan dilaksanakan setiap umat Islam. Menurut Imam Asy-Syafi’i terdapat lima malam doa mustajab, yaitu malam Jumat, dua malam hari raya, malam pertama Rajab dan malam Nisfu Syaban. (Latha’if al-Ma’arif, Ibnu Rajab al-Hambali, hal 241).

Baca Juga: Kapan Puasa Sunnah Nisfu Syaban 2022 ? Berikut Jadwal dan Bacaan Puasa Sya’ban dan Doanya

Baca Juga: Teks Niat Puasa Sunnah Syaban dan Tata Cara, Hukum, Hikmah, Keutamaannya

Baca Juga: Bacaan Doa Niat Puasa Syaban, Arab, Latin, Arti, Keutamaannya dan Doa Berbuka Puasa

 “Iya adalah malam berkah karena rahmat Allah SWT menyebar luas, karenanya seorang mukmin seyogyanya memanfaatkanya momentum ini dengan berdoa, istigfar dan taubat (Ahadits Al-Qudsiyyah, Fathi Ghanim, jilid 1, hal 74).

Setelah Magrib, tepatnya hari Kamis 17 Maret sobat muslim membaca surat Yasin 3 kali, setelah itu membaca Doa Nisfu Syaban.

Merangkum dari Tribun News, menurut Sulhani Hermawan, M.Ag, Dosen IAIN Surakarta, Syaban secara umum dapat diartikan sebagai jalan menuju kebaikan yang tidak mudah dilalui.

Menurutnya terdapat berbagai amalan yang bisa dilakukan di bulan Syaban. Salah satunya adalah memperbanyak puasa Sunah.

“Amalan yang bisa dilaksanakan yakni meneguhkan kembali bagaimana melaksanakan sholat lima waktu. Kemudian, menjalankan puasa Sunah,” kata Sulhani Hermawan kepada Tribunnews.com dalam acara OASE, Jumat 19 Maret 2021 lalu.

Dia menjelaskan, di malam Nisfu Syaban atau setelah sholat Maghrib, kita bisa membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali. Adapun Niat pertama membaca Surat Yasin adalah meminta kepada Allah supaya diberikan umur panjang.

Lalu, niat yang kedua meminta Allah SWT supaya diberikan keselematan, dijauhkan dari bahaya apapun. Kemudian, niat ketiga agar diberikan kekayaan hati.

Kemudian setelah selesai membaca Surat Yasin, ada doa Nisfu Syaban. “Sesudah membaca Surat Yasin yang ketiga ini, dianjurkan membaca doa yang dibaca waktu malam Nisfu Syaban,” ungkap Sulhani Hermawan.

Ketika malam Nisfu Syaban terdapat doa yang dianjurkan untuk dibaca selain membaca Yasin. Usai membaca Surah Yasin dianjurkan membaca doa malam Nisfu Sya’ban dibawah ini:

Doa Malam Nisfu Syaban:

اللَهُمَّ يَا ذَا المَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ. اللَهُمَّ إِنْ كُنْتَ

كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِي، وَاكْتُبْنِي عِنْدَكَ سَعِيْدًا

مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الحَقُّ فِي كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ “يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ” وَصَلَّى اللهُ عَلَى

سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Artinya:

“Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut:

Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku

Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata–sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’

Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT.”

Itulah terkait membaca doa malam Nisfu Syaban di waktu setelah magrib Kamis 17 Maret 2022 lengkap niat baca yasin.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru KALBAR SATU ID di GOOGLE NEWS

Pos terkait