Mengenal Rebo Wekasan Atau Rabu Terakhir Bulan Safar: Amalan Sunnah dan Doa Tolak Bala Arab Artinya

Mengenal Rebo Wekasan Atau Rabu Terakhir Bulan Safar: Amalan Sunnah dan Doa Tolak Bala Arab Artinya
Mengenal Rebo Wekasan Atau Rabu Terakhir Bulan Safar: Amalan Sunnah dan Doa Tolak Bala Arab Artinya. Foto/Instagram.

KALBAR SATU ID- Mengenal Rebo Wekasan Atau Rabu Terakhir Bulan Safar: Amalan Sunnah dan Doa Tolak Bala Arab Artinya.

Berstatus sebagai Umat Islam belum tentu tahu apa Arti Rebo Wekasan atau Rabu Terakhir Bulan Safar ini. Masih banyak masyarakat yang bertanya apa itu Rebo Wekasan, tujuan dan keutamaannya.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, dihalaman ini kami telah menyediakan beberapa penjelasan terkait definisi, amalanlengkap beserta bacaan doa tolak bala di Rabu akhir bulan Safar ini dengan harapan semoga bermanfaat.

Baca juga: Apa Saja Amalan Rebo Wekasan 2022? Inilah Bacaan Doa Tolak Bala Arab Latin Bulan Safar

Untuk mengetahui hal tersebut, simak penjelasan tentang mengenal Rebo Wekasan atau Rabu Terakhir Bulan Safar dibawah ini.

Mengenal Istilah Rebo Wekasan

Istilah Rebo Wekasan sudah banyak terdengar oleh masyarakat pada umumnya yang ditujukan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meminta perlindungan supaya dijauhi dari bala, musibah dan penyakit.

Baca juga: Bacaan Doa Tolak Bala Arab Terjemahan dan Amalan Rebo Wekasan 2022 Lengkap Niat Mandi di Akhir Bulan Safar

Rebo Wekasan menurut bahasa Indonesia adalah Rabu paling pamungkas atau hari Rabu terakhir dalam bulan.

Dikutip dari budaya.jogjaprov.go.id, Rebo Wekasan memiliki arti Rabu terakhir dalam bulan Safar.

Dalam hari itu, Rebo Wekasan punya tradisi yang biasa dilakukan setiap Rabu akhir bulan Safar untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Baca juga: LOGIN Kartu Prakerja Gelombang 45 Hari Ini, Ketahui Syarat dan Cara Daftar di Link Prakerja.go.id Online

Istilah Rebo Wekasan terjadi ada dalam kitab Fathul Malik Al-Majid Al-Mu-Allaf Li Naf’il ‘Abid Wa Qam’i Kulli Jabbar ‘Anid” (biasa disebut: Mujarrobat ad-Dairobi) ditunjukkan ada seorang Waliyullah maqam kasyaf yang mengatakan bahwa Allah SWT menurunkan 320.000 (tiga ratus dua puluh ribu) macam bala’ atau bahaya dalam satu malam, yakni pada hari Rabu terakhir bulan Safar.

Sementara dalam Islam, ada salah satu hadis yang menolak jika Bulan Safar penuh dengan malapetaka, artinya tidak betul-betul mendukung adanya tradisi Rebo Wekasan.

“Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda: “Tidak ada penyakit menular. Tidak ada kepercayaan datangnya malapetaka di bulan Shafar. Tidak ada kepercayaan bahwa orang mati itu rohnya menjadi burung yang terbang.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Baca juga: BWSK I Pontianak Gelar Sosialisasi Perizinan Sumber Daya Air Tahun 2022

Sebagai informasi Rebo Wekasan untuk tahun 2022 akan jatuh pad Rabu, 21 September 2022.

Amalan Rebo Wekasan 2022

Bagi masyarakat yang mempercayai peringatan Rebo Wekasan, anda bisa menggunakan amalan-amalan ini dengan harapan taqorrub kepada Allah.

  • Ibadah tolak bala
  • Berdoa doa perlindungan kepada Tuhan
  • Selamatan
  • Sedekah
  • Silaturrahim
  • Berbuat baik kepada sesama.

Doa Rebo Wekasan

Baca jug: Ritual Rebo Wekasan Tolak Bala 6 Oktober 2021, Asal Usul Mempercayai Akhir Bulan Safar

 يامن لعباده يغفر ويرحم. يادافع البلاء يا الله ويا دافع البلاء يارحمن ويادافع البلاء يارحيم . إدفع عنا الغلاء والبلاء والوباء والفحشاء والمنكر والسيوف المختلفة والشدائد والمحن ماظهر منها وما بطن في بلد نالهذا خا صة ومن بلدان المسلمين عامة إنك على ما تشاء قدي

Arab latin: Allahumma bihaqqil faatihah wasirril faatihah ya faarijal hammi wa yaa kaasyifal ghammi ya malli ibaadihii yaghfiru wayarham yaa daafi’al bala’i.

Yaa allah wa yaa daafi’al bala’i yaa rahmaan wa yaa daafi’al balaa’i yaa rahiim idfa’ annal gholaa’a wal balaa’a wal wabaa’a wal fahsyaa’a wal mungkara was suyuufal mukhtalifata wasy syada-ida wal mihana maa dhahara minhaa wamaa bathana fii baladinaa hadzaa khash shataw wamibbul daanil muslimiina ‘ aammatan innaka’ alaama tasyaa’uqadiir.

Artinya: “Ya Allah, Fatihah dan rahasia yang ada di dalam Fatihah, ya Allah Tuhan yang Maha Melapangkan Kebagusan dan yang Menghilangkan Kesedihan, ya Allah Tuhan yang Maha Menghindarkan Bala.

Demikian informasi terkait Mengenal Rebo Wekasan Atau Rabu Terakhir Bulan Safar: Amalan Sunnah dan Doa Tolak Bala Arab Artinya.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru KALBAR SATU ID di GOOGLE NEWS

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.